Bolehkah Ibu Hamil Minum Es Buah, Es Cappucino dan Es Teh ?

Kehamilan adalah masa yang paling dinantikan oleh setiap pasangan suami istri. Ketika kehamilan telah didapat, ibu hamil harus menjaga kesehatan dan memperhatikan pola makan, termasuk bolehkah ibu hamil minum es ?

Selain memperhatikan makanan dan minuman, ibu hamil juga perlu olahraga secara rutin dan teratur. Namun ingat, tidak semua jenis olahraga aman bagi ibu hamil. Silakan baca : olahraga yang aman untuk ibu hamil.

Tak hanya memilih makanan yang bergizi saja, ibu hamil juga harus menghindari semua jenis makanan ataupun minuman yang dilarang untuk ibu hamil.Jika ibu hamil nekat mengkonsumsi makanan pantangan untuk ibu hamil maka bisa terjadi masalah kehamilan serius, bahkan keguguran.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Es
Ilustrasi (sumber : pixabay.com)

Bolehkah Ibu Hamil Minum Es ?


Sebagaimana yang telah kita rasakan bersama, di musim panas ini minuman dingin adalah pilihan tepat untuk menghilangkan dahaga. Sayangnya, banyak terdengar kabar bahwa ibu hamil tidak boleh minum es karena diduga bisa membuat janin tumbuh terlalu besar.

Sebenarnya benar atau tidak kabar tersebut ?
Bolehkah ibu hamil minum se buah ?
Bolehkah ibu hamil minum es teh ?
Bolehkah ibu hamil minum es cappucino ?

Ternyata kabar yang hingga saat ini masih sering terdengar di telinga tentang larangan minum es bagi ibu hamil tidak benar. Sebagaimana dilansir dari laman nakita.grid.id (07/08/2017) disebutkan bahwa dr. Reisa Broto Asmoro menerangkan bahwa kabar yang menyebutkan es bisa membuat janin besar itu tidak benar.

Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya ibu hamil itu membutuhkan asupan cairan yang cukup banyak melebihi kebutuhan cairan wanita yang tidak hamil. Keutuhan cairan ibu hamil sangat mempengaruhi kesehatan janin dalam kandungan.

Dalam satu hari saja, ibu hamil dianjurkan untuk minum air putih setidaknya 7 hingga 12 gelas per hari. Sementara itu, minuman panas atau dingin tidak ada kaitannya dengan ukuran janin. Termasuk ibu hamil minum es itu juga tidak apa-apa.

Sebenarnya minuman dingin atau hangat itu sama saja, tidak ada yang mempengaruhi ukuran janin. Jadi, kabar yang menyebutkan ibu hamil minum es bisa bikin janin besar itu hanya mitos belaka.

dr. Reisa Broto Asmoro menambahkan melalui instagram, ukuran bayi dan berat badannya itu pada umumnya dipengaruhi oleh faktor genetik. Orang tua yang bertubuh besar cenderung melahirkan anak yang ukurannya besar.

Lantas minuman apa yang bisa mempengaruhi ukuran janin dalam kandungan ? yaitu minuman yang mengandung banyak kalori dan gula misalnya susu berkalori tinggi, minuman dengan banyak gula dan ain sejenisnya.

Untuk itu, jika bunda tidak ingin melahirkan bayi dengan ukuran terlalu besar sebaiknya batasi konsumsi minuman yang banyak mengandung gula dan kalori.

Sebaliknya, jika ukuran bayi masih terlalu kecil di usia kehamilan trimester akhir jelang persalinan maka silakan perbanyak konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula dan kalori.

Sekarang sudah jelas bukan jawaban tentang bolehkah ibu hamil minum es ?  Intinya, ibu hamil minum es itu tidak masalah, asalkan tidak dicampur dengan minuman tinggi gula dan kalori.

Untuk mengobati rasa haus, silakan buat minuman es tanpa banyak gula dan campuran bahan lain yang mengandung kalori. Buah segar lebih disarankan daripada harus mengkonsumsi minuman yang banyak gula.

Sekian tambahan penjelasan tentang bolehkah ibu hamil minum es buah, es cappucino dan es teh ? Semoga ulasan singkat ini bermanfaat, jangan lupa share artikel ini melalui tombol berbagi di bawah artikel.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top