Hamil Muda Tidak Merasakan Apa-Apa, Ini yang Harus Anda Lakukan!

Salah satu kejanggalan yang kerap dialami oleh kaum wanita adalah ketika hamil muda tidak merasakan apa-apa. Memang kondisi ini tidak termasuk masalah serius, namun karena ketidaktahuannya ibu hamil bisa melakukan aktivitas yang membahayakan kehamilan.

Sebagaimana kita ketahui bahwa wanita yang tengah hamil muda biasanya mengalami kondisi yang tak seperti biasa. Beberapa keadaan yang sering terjadi pada wanita hamil muda itu sering disebut dengan tanda hamil.

Apabila bunda sedang hamil tapi tidak ada tanda kehamilan, sebaiknya baca artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai apa yang sebaiknya Anda lakukan.

Hamil Muda Tidak Merasakan Apa-Apa
Ilustrasi (sumber : pixabay.com)

Tanda Hamil Muda


Ketika seorang wanita tengah menjalani kehamilan maka beberapa tanda kehamilan akan muncul, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mual disertai muntah

Perut mual dan muntah adalah tanda kehamilan normal yang hampir dialami oleh semua wanita hamil. Kondisi ini terjadi karena pengaruh perubahan hormonal. Seiring bertambahnya usia kehamilan, keluhan ini akan segera hilang.

2. Naf$u makan hilang

Jangan kaget jika naf$u makan Anda tiba-tiba hilang. Ibu hamil biasanya mengalami kondisi dimana naf$u makan menurun dan bahkan hilang sama sekali. Keadaan ini dibarengi peningkatan sensitifitas indra penciuman yang membuat ibu hamil merasa ingin muntah jika mencium aroma makanan tertentu.

3. Mudah capek

Perubahan hormonal wanita hamil muda tidak hanya membuat mual dan muntah tapi juga membuat badan terasa mudah capek meskipun tidak habis melakukan pekerjaan berat. Meski hanya diam di rumah tapi badan terasa sangat lelah dan rasanya ingin tidur terus.

4. Mood terganggu

Hampir sama seperti ketika mau haid, mood ibu hamil muda juga mengalami perubahan. Mood mudah sekali berubah tanpa sebab yang jelas. Lagi-lagi, perubahan hormon lah yang diduga menyebabkan keadaan ini.

5. Menstruasi berhenti

Tanda kehamilan yang paling banyak dijadikan pedoman kehamilan oleh masyarakat adalah terlambat datang bulan. Padahal sebenarnya telat datang bulan itu tidak selamanya disebabkan karena kehamilan. (baca : tanda-tanda telat hamil karena haid)

Pada dasarnya, keadaan yang mengiringi awal kehamilan tersebut adalah hal yang wajar selama tidak terlalu berlebihan. Misalnya, mual dan muntah itu wajar dialami oleh ibu hamil muda tapi kalau sampai tidak bisa makan dan minum sama sekali maka perlu penanganan khusus oleh medis.

Walaupun kehamilan Anda berjalan dengan normal tapi alangkah baiknya pemeriksaan kehamilan rutin untuk dilakukan. Hal ini sangat disarankan untuk mengetahui perkembangan keadaan janin.

Ini yang Harus Anda Lakukan Jika Hamil Muda Tidak Merasakan Apa-Apa


Hamil muda tidak merasakan apa-apa tidak perlu Anda khawatirkan selama tidak dibarengi keadaan yang janggal. Memang sebagian ibu hamil ada yang tidak merasakan apa-apa saat hamil. Dalam istilah jawa disebut dengan hamil ngebo.

Jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya segera lakukan langkah berikut ini :

1. Segera konsultasi ke dokter

Untuk mengetahui keadaan kehamilan Anda secara jelas, segera periksakan kehamilan Anda ke dokter kandungan. Dokter akan memeriksa kondisi kehamilan Anda secara detil hingga didapat kejelasan informasi tentang keadaan kehamilan Anda.

2. Istirahat cukup

Apabila hasil periksa dokter menunjukkan positif hamil, segera hentikan aktivitas berat Anda. Istirahatlah yang cukup guna mendapatkan kehamilan yang sehat dan tidak banyak kendala.

3. Perhatikan nutrisi Anda

Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi karena janin dalam kandungan sangat membutuhkan nutrisi untuk membantu tumbuh kembangnya. (silakan baca : contoh makanan bergizi untuk ibu hamil dan janin)

4. Minum multivitamin

Multivitamin yang dianjurkan oleh dokter sebaiknya Anda konsumsi secara rutin agar kehamilan berjalan dengan baik dan tidak banyak kendala. Multivitamin diperlukan oleh ibu hamil guna menambah asupan nutrisi selama kehamilan.

Sekian informasi tentang kehamilan muda yang tidak merasakan apa-apa. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada orang lain jika menurut Anda bermanfaat. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top