Awas! Ini Bahaya Dibalik Handphone Untuk Janin, No 2 Gak Nyangka

Saat ini handphone atau HP dan gadget lainnya seakan tak bisa dijauhkan dari kehidupan. Bahkan ibu hamil dan ibu menyusui pun tak mau ketinggalan dengan handphone.

Main HP saat hamil sering dilakukan sekedar untuk menghabiskan waktu santai. Namun, ibu hamil perlu waspada karena ternyata handphone bisa memberikan efek negatif pada janin.

Meski terlihat sangat sepele dan seakan tak berbahaya namun sebaiknya bijaklah dalam mempergunakan handphone agar tidak sampai terjadi hal yang tak diinginkan.

Bahaya Dibalik Handphone Untuk Janin
(foto : pixabay.com)

Main HP Saat Hamil Berbahaya Bagi Janin


Penelitian yang diterbitkan di Journal of Epidemiology and Community Health mengungkap bahwa penggunaan ponsel saat hamil dan setelah bayi lahir meningkatkan resiko pertumbuhan bayi dengan perilaku yang buruk.

Perilaku buruk tersebut diantaranya adalah hiperaktif, sulit untuk berkonsentrasi dan mengalami masalah sosial sehingga dirinya sulit untuk berinteraksi kepada teman.

Seorang profesor bidang epidemiologi di UCLA School of Public Health, Leeka Kheifets, PhD, menyebutkan bahwa paparan radiasi yang dipancarkan oleh ponsel cenderung kecil sehingga beum jelas bagaimana handphone bisa mempengaruhi perkembangan janin.

Pengaruh Main HP saat hamil Terhadap Perkembangan Janin


Seorang pakar radiasi elektromagnetik, Devra Davis, menyebutkan bahwa main HP atau ponsel memberikan peringatan kepada orang tua tentang bahaya radiasi ponsel.

Wanita hamil harus berhati-hati dalam menyikapi paparan radiasi ponsel. Bukan hanya karena hasil penelitian ini namun karena banyak alasan lainnya. peringatan ini menganjurkan ibu hamil untuk menghindari paparan radiasi ponsel terutama di bagian perut.

Sebaiknya jangan menempatkan ponsel di area dekat perut. Dianjurkan memakai headset untuk meminimalkan dampak radiasi handphone terhadap perkembangan janin dalam kandungan.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Tak perlu banyak data penelitian, yang terpenting saat ini adalah melakukan tindakan pencegahan sebelum ada korban.

Tips Cegah Bahaya Rardiasi Ponsel


Apabila tidak bisa tidak, Anda harus tetap mengoperasikan handphone saat sedang hamil, sebaiknya lakukan beberapa hal untuk meminimalkan dampak buruk dari pemakaian handphone.

Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah bahaya paparan radiasi ponsel pada ibu hamil :


  • Sebaiknya gunakan telepon kabel saat berada di rumah atau di kantor
  • Sesering mungkin matikan ponsel karena ponsel yang menyala tetap memaparkan radiasi meski tidak digunakan.
  • Jangan gunakan handphone saat sinyal lemah karena hp dengan sinyal lemah memperbesar emisi radiasi.
  • Sebaiknya gunakan aerphone atau headset
  • Jangan meletakkan handphone di area dekat perut.
  • Sebaiknya jangan menyimpan ponsel di tubuh seperti di saku dada ataupun saku lainnya, silakan letakkan hp di meja saja.
  • Untuk mengurangi paparan radiasi ponsel sebaiknya batasi penggunaan posel


Demikian ulasan terkait bahaya dibalik handphone bagi janin serta beberapa hal terkait dengan hal itu. Ibu hamil sebaiknya tidak sering main HP demi menjaga kesehatan janin dalam kandungan.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top