Kakak Adik Sering Bertengkar, Agar Cepat Akur Segera Lakukan Langkah Ini!

Menyikapi kakak dan adik yang sering bertengkar harus benar-benar bijak, jangan sampai salah langkah. Kalau sampai salah langkah, tak hanya membuat darah tinggi tapi pekerjaan rumah bisa ikut terbengkelai.

Tak hanya itu, salah dalam menyikapi kakak adik yang tidak akur bisa membuat dirinya menjadi sosok yang tidak sesuai harapan. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, tandalagihami.com akan menyampaikan informasi terkait dengan hal ini.

Kakak Adik Sering bertengkar, Apa yang Harus Dilakukan?


Kakak Adik Sering Bertengkar
Ilustrasi (sumber : pxhere.com)

Berikut ini adalah beberapa hal yang patut Anda lakukan jika si sulung dan si bungsu bertengkar entah karena sebab apa. Baca sampai selesai agar tidak sampai salah langkah :

1. Berpikirlah dengan kepala dingin

Dua anak yang saling bertengkar dan tidak ada yang mau mengalah memang membuat emosi orang tua meledak-ledak. Namun sebagai orang tua yang bijak, cobalah untuk mengamati pertengkaran diantara mereka berdua.

Ada banyak hal yang membuat anak-anak bertengkar, seperti karena rebutan mainan, rebutan makanan, ingin mendapat perhatian lebih dari orang tua dan ada juga yang bertengkar karena kesal dengan pendapatnya berlainan.

Perlu Anda ingat! pertengkaran di antara kakak dan adik pada umumnya tidak sampai merusak hubungan persaudaraan mereka. Mungkin saat ini dia sedang bertengkar, namun beberapa menit kemudian dia akan akur kembali dengan sendirinya.

2. Jangan pernah ada penonton

Kaka adik yang lagi bertengkar akan semakin menjadi-jadi jika ada yang menonton, terlebih lagi kalau yang menonton adalah orang tuanya. Sebagai orang tua, Anda pasti sering melihat anak bertengkar tapi menatap pada Anda.

Itu adalah salah satu tanda kalau si anak pingin mengadukan masalah itu kepada Anda. Jika hal itu terjadi, sebaiknya jangan tergesa-gesa ikut campur urusan mereka. Biarkan mereka menyelesaikan urusannya sendiri dan pasti tak lama kemudian dia akan berhenti bertengkar. (baca juga : anak susah BAB, apa solusinya ?)

3. Beri solusi pada waktu yang tepat

Sebagai orang tua, kalau kakak dan adik sering bertengkar maka harus tepat dalam menentukan kapan memberi solusi kepada anak-anak. Beri kesempatan anak untuk berlatih rukun dengan sendirinya.

Selanjutnya, coba amati faktor yang menyebabkan mereka bertengkar. Jika memang sudah tiba waktu yang tepat, silakan beri solusi bijak sesuai dengan permasalahannya.

4. Ajari mereka untuk bernegosiasi

Salah satu contoh yang bisa Anda lakukan adalah mendudukkan mereka di sebelah kanan dan kiri Anda. Kemudian beri mereka pilihan, apakah mau menyelesaikan permasalahannya sendiri atau mau diselesaikan orang tua.

Jika diselesaikan orang tua maka semua wajib menurut meski tidak cocok di hati, namun jika ingin menyelesaikan permasalahannya sendiri dipersilakan. Dalam hal ini, orang tua hanya sebagai mediator dan pemberi saran saja.

5. Cobalah untuk mengalihkan perhatian mereka

Perkelahian antara kakak dan adik biasanya terjadi hanya karena hal remeh, misalnya sang kakak mengejek adiknya. Cobalah untuk mengalihkan perhatian mereka dengan meminta mereka untuk membantu mengerjakan sesuatu.

6. Beri pujian perilaku baik mereka

Di saat mereka sedang akur, sebaiknya puji perilaku baik mereka. Beritahu mereka bahwa orang tua sangat bangga terhadap perilaku baik yang mereka lakukan. Katakan kepada mereka bahwa orang tua sangat senang jika melihat anak-anaknya akur.

Demikian 6 tips yang bisa Anda lakukan jika kakak dan adik sering bertengkar. Jika Anda memiliki pengalaman lain, silakan sampaikan di kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah artikel.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top