3 Ciri Wanita Hamil 1 Minggu Paling Jelas, No 2 Jarang Disadari

Kehamilan adalah momen yang sangat ditunggu kehadirannya oleh setiap pasangan suami istri. Tak heran jika pasangan suami istri ingin segera tahu kehamilannya dengan mengetahui ciri wanita hamil 1 minggu.

Ciri wanita hamil 1 minggu belum bisa dirasakan dan belum bisa terlihat secara fisik. Pada umumnya gejala kehamilan diketahui setelah terlambat datang bulan, yakni pada usia kehamilan empat minggu.

Pada saat itulah wanita hamil merasakan tanda kehamilan seperti bercak darah, mual, muntah dan disusul gejala awal kehamilan yang lain pada minggu berikutnya.

ciri hamil 1 minggu
Ilustrasi (sumber : flickr.com)

Perhitungan Kehamilan


Apabila kehamilan dihitung dengan perhitungan 40 minggu mulai dari HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir), maka wanita belum dikatakan benar-benar hamil pada minggu pertama.

Kehamilan baru dikatakan terjadi pada minggu kedua akhir atau awal minggu ketiga tergantung dari ovulasi atau masa subur wanita tersebut.

Pada saat terjadi ovulasi, ovarium melepaskan sel telur kemudian bergerak menuju ke tuba fallopi. agar terjadi kehamilan maka sel telur tersebut harus dibuahi oleh sel $perma.

Siklus ovulasi seorang wanita akan menentukan kapan terjadinya pembuahan, biasanya terjadi pada hari ke 13 hingga 20 usai HPHT. Namun demikian, ovulasi tersebut juga tergantung dari berapa lama siklus haid wanita. Umumnya wanita memiliki siklus haid 28 hari namun ada juga yang kurang atau lebih dari itu.

Untuk melihat pola siklus haid bisa dilakukan dengan cara mencatat tanggal haid selama beberapa bulan, mengamati tekstur cairan yang keluar dari jalan lahir dan mengukur suhu basal tubuh. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan alat tes ovulusi dengan memanfaatkan urine.

Gejala Awal Kehamilan


Selain telat datang bulan, pada minggu pertama setelah pembuahan akan muncul gejala awal kehamilan antara lain adalah sebagai berikut :

1. Payud@ra menjadi lebih sensitif

Salah satu gejala hamil muda adalah payud@ra menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan. Namun gejala yang satu ini tidak selamanya muncul sebagai ciri wanita hamil 1 minggu.

2. Mual disertai muntah

Usia tiga minggu setelah terjadi pembuahan, kebanyakan akan merasa mual dengan disertai muntah atau tidak muntah. Mual ini tidak hanya muncul di pagi hari tapi bisa terjadi kapan saja. Kondisi ini sangat erat kaitannya dengan hormon kehamilan.

3. Sakit pinggang bawah

Sebagian dari ibu hamil juga merasakan sakit pinggang bagian bawah secara tiba-tiba. Kondisi ini kemungkinan akan berlanjut selama kehamilan, terutama disebabkan karena perubahan postur tubuh dan penambahan berat badan.

Selain itu, ada lagi gejala kehamilan yang kerap dikeluhkan oleh ibu hamil seperti sering BAK (buang air kecil), ingin makan makanan tertentu, sensitif terhadap bau dan gampang lelah.

Terkadang ibu hamil muda juga mengeluhkan perut kembung dan sembelit karena sistem pencernaan melambat. Tak hanya itu, ibu hamil juga ada yang mengalami sakit kepala karena dipicu oleh perubahan hormonal.

Memang sulit untuk memastikan ciri wanita hamil 1 minggu namun bunda tidak perlu takut. Kabar gembira tentang kehamilan akan bunda dapatkan bebebrapa minggu kemudian. Bila perlu, periksakan kondisi Anda ke dokter untuk memastikan ciri hamil 1 minggu.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top