Cara Meminimalkan Gatal Selama Kehamilan, Rugi Gak Nyoba!

Salah satu keluhan yang banyak dialami oleh ibu hamil adalah gatal-gatal di perut dan beberapa anggota badan yang lain. Cara meminimalkan gatal saat hamil perlu diketahui agar lebih nyaman dalam menjalani kehamilan.

Sekitar 20 persen dari ibu hamil mengalami gatal di bagian perut dan payudara bahkan rasa gatal itu sangat gatal dirasakan. Salah satu faktor yang menyebabkan gatal selama kehamilan adalah perubahan hormonal.

Kondisi kulit kering seperti eksim kadang menjadi lebih buruk selama menjalani kehamilan meski sebagian ibu hamil tidak merasakannya. Apabila bunda sering gatal saat hamil, silakan simak ulasan berikut ini.

gatal saat hamil
Ilustrasi (sumber : flickr.com)

Cara Mengatasi Gatal Saat Hamil


Apabila bunda gatal di bagian telapak kaki atau telapak tangan sebaiknya segera periksa ke dokter karena kadang hal ini merupakan keluhan serius yang perlu mendapat penanganan medis.

Sebaiknya jangan menggaruk bagian yang gatal-gatal karena bisa membuat infeksi kulit. Menggaruk bagian yang gatal bukanlah solusi yang tepat untuk mengatasi gatal saat hamil.

Gatal yang disebabkan karena kulit kering bisa diatasi dengan beberapa tips sederhana di bawah ini :


  • Coba kompres bagian yang gatal dengan menggunakan es selama 5 hingga 10 menit atau sampai gatal hilang
  • Lembabkan kulit kering dengan menggunakan krim atau lotion usai mandi. Agar pelembab terasa sejuk di kulit, silakan simpan lotion di kulkas sebelum dipakai. (baca : merk pelembab untuk ibu hamil yang bagus)
  • Mandi air hangat cukup baik untuk membantu mengurangi gatal saat hamil.


Gatal selama kehamilan memang perlu segera mendapat solusi karena dapat mengganggu kenyamanan dalam menjalani kehamilan.

Meski tidak dijamin bisa mengatasi gatal sepenuhnya, beberapa tips di bawah ini bisa Anda coba sebagai solusi meminimalkan gatal selama kehamilan :

1. Mandi air hangat

Mandi air hangat bisa Anda lakukan untuk membantu mengurangi gatal. Namun jangan keseringan karena justru membuat kulit jadi kering dan gatal semakin memburuk.

Saat mandi coba gunakan sabun yang ringan atau bahkan bebas pewangi. Bilas badan dengan baik kemudian keringkan dengan handuk atau kain lembut.

2. Pakai busana yang nyaman

Pilih pakaian jenis katun dengan ukuran longgar untuk meminimalkan gatal di bagian perut dan badan. Pakaian dengan kain kasar bisa membuat gatal semakin buruk.

3. Oleskan obat gatal sesuai petunjuk dokter

Jika Anda telah berobat ke dokter dan diberi obat gatal sebaiknya oleskan krim pereda gatal sesuai dengan petunjuk. Apabila obat tersebut justru membuat gatal semakin parah, segera konsultasikan ke dokter.

4. Jangan stress

Salah satu penyebab ibu hamil gatal adalah pikiran stress yang terus terjadi. Selama kehamilan berlangsung, hindari stress semaksimal mungkin karena ada beberapa efek negatif stress selama kehamilan. (baca : akibat stress pada ibu hamil dan janin)

Apabila gatal semakin memburuk, alangkah baiknya bunda segera periksa ke dokter. Segera hubungi dokter jika hal berikut ini terjadi :


  • Kondisi kulit kering dan gatal semkin parah
  • Gatal tapi tidak ada ruam
  • Gatal dan ruam terus datang meski sudah diberi obat


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara meminimalkan gatal selama kehamilan. Jangan lupa bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top