Penyebab Hamil Ngebo yang Perlu Diwaspadai

Kehamilan adalah suatu masa dimana rahim wanita ada proses perkembangan janin yang semakin besar sesuai dengan umur kehamilannya. Dalam menghadapi kondisi ini, ibu hamil melakukan segenap upaya agar janin dalam kandungan senantiasa sehat.

Berbagai macam aktivitas yang dilakukan oleh ibu hamil dan pola makan yang salah bisa membuat masalah kehamilan yang dapat memberikan dampak buruk bagi janin.

Biasanya ibu hamil melakukan upaya untuk menjaga kesehatan ibu hamil sejak tanda awal kehamilan muncul. Di awal kehamilan, ibu hamil mengalami beberapa gejala kehamilan yang cukup mengganggu aktivitas.

penyebab hamil ngebo

Ciri Hamil Ngebo


Diantara sekian banyak ibu hamil, ada yang mengalami hamil ngebo. Pengertian hamil ngebo bisa Anda baca pada artikel sebelum ini.

Lantas, apa saja ciri hamil ngebo itu ? antara lain adalah sebagai berikut :


  • Ibu hamil suka traveling dan tidak mudah lelah
  • Ibu hamil hobi makan seakan tak ada pantangan makanan bagi dirinya
  • Ibu hamil banyak tidur dan malas untuk melakukan aktivitas fisik
  • Ibu hamil tidak ngidam aneh-aneh


Ciri hamil ngebo tersebut kerap ditunjukkan sejak adanya tanda kehamilan awal sampai jelang persalinan. Hamil ngebo ini hanya terjadi pada beberapa ibu hamil dan ada beberapa bahaya kehamilan yang perlu diwaspadai oleh ibu hamil ngebo.

Penyebab Hamil Ngebo


Sebenarnya apa saja penyebab hamil ngebo itu ? Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kadar HCG berbeda-beda pada setiap ibu hamil


Di saat wanita sedang hamil, kadar hormon seperti hiormon HCG, progesteron dan esterogen mengalami kenaikan. Naiknya hormon HCG menjadi pemicu mual dan muntah saat hamil muda.

Meningkatnya hormon HCG pada setiap ibu hamil itu tidak sama. Begitu pula tingkat kepekaan tubuh terhadap kenaikan hormon HCG juga berbeda. Hal itulah yang membuat ibu hamil ngebo meskipun hormon HCG meningkat namun masih dapat ditolerir oleh tubuh.

2. Ibu hamil malas gerak


Salah satu penyebab hamil ngebo adalah ibu hamil malas untuk bergerak. Ibu hamil ngebo biasanya malas untuk gerak dan selalu ingin tidur. Rasa malas gerak membuat ibu hamil negbo suka bermalas-malasan di tempat tidur daripada harus melakukan aktivitas fisik.

3. Kebal terhadap hormon kehamilan


Hal lain yang menjadi penyebab hamil ngebo adalah kondisi dimana ibu hamil kebal terhadap berbagai macam efek hormon kehamilan. Sekitar 30 persen ibu hamil tidak mengalami gejala fisik kehamilan seperti mual, muntah, pusing dan lainnya.

4. Hormon HCG rendah


Penyebab yang satu ini perlu diperhatikan oleh wanita hamil ngebo. Kadar hormon HCG yang rendah bisa menjadikan ibu hamil ngebo. Rendahnya hormon HCG perlu diperhatikan oleh ibu hamil karena bisa memberikan dampak kurang baik bagi perkembangan janin.

5. Kandungan lemah


Penyebab hamil ngebo yang selanjutnya adalah kandungan lemah. Kondisi ini memicu ibu hamil jadi malas gerak dan ingin makan makanan yang banyak. Hal itulah yang membuat ibu hamil ngebo menjadi mudah lapar dan mudah ngantuk.

6. Gangguan fungsi tiroid


Kondisi lain yang menyebabkan ibu hamil ngebo adalah gangguan fungsi tiroid. Namun hal ini jarang sekali terjadi. Gangguan fungsi tiroid menyebabkan hormon kehamilan tidak mengalami peningkatan sehingga efek pada tubuh tidak terjadi.

7. Gejala diabetes


Hal lain yang menyebabkan hamil ngebo adalah gejala diabetes. Diabetes yang dialami oleh ibu hamil bisa memicu lapar, malas gerak dan ngantuk yang semua itu termasuk tanda hamil ngebo.

Itulah penyebab hamil ngebo yang perlu Anda ketahui. Semoga kehamilan Anda senantiasa diberi kelancaran dan kesehatan tanpa banyak kendala.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top